(ak.’sa.ra) Kemang, Lebih Dari Sekedar Toko Buku

August 20, 2008

Bukan hanya memenuhi kebutuhan minat baca, toko buku yang satu ini menjadikan membaca sebagai gaya hidup. Toko buku bukan lagi sekadar hamparan berjilid-jilid kertas, namun bisa menjadi hall untuk menggelar pertunjukan sekaligus menjadi tempat gaul.

Minat membaca masyarakat Jakarta sangat besar. Setiap hari toko-toko buku tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun sekarang sangat mudah mendapatkan buku elektronik (e-book), orang-orang masih lebih memilih buku tradisional. Kita bisa mendapatkan semua jenis dan tema buku yang kita butuhkan, mulai dari yang ringan seperti cerita sederhana untuk anak-anak, hingga tema serius yang mengupas masalah alam semesta.

Sayangnya, tidak jarang kita kesulitan untuk menemukan referensi yang lengkap dari buku terbitan lokal. Bukan berarti buku lokal tidak ada yang bagus, namun penulis kita masih belum banyak mengangkat topik-topik yang unik dan baru. Tema buku-buku tentang desain grafis, interior-eksterior, manajemen, atau buku keilmuan lainnya tidak mudah kita dapatkan dari penerbit lokal. Karena itu, buku-buku impor merupakan referensi yang sangat penting.

Di Jakarta, menemukan toko buku impor bukanlah hal yang sulit. Salah satu toko buku impor yang besar dan terkenal adalah toko buku (ak.’sa.ra.) Toko buku yang berdiri sejak tahun 2001 ini memiliki tiga cabang, yaitu di Kemang, Cilandak Town Square, dan Plaza Indonesia.

Ketika berkunjung untuk pertama kalinya, salah satu yang menarik perhatian adalah desain bangunannya yang dikerjakan oleh Andra Matin. Arsitek yang terpilih sebagai salah satu dari 101 arsitek paling berkiprah tahun 2007 versi buku ‘Walpaper Architecture Directory’ itu mendesain bangunan (ak.’sa.ra) dengan gaya minimalis.

Toko buku (ak.’sa.ra) yang paling besar adalah yang berlokasi di kawasan hiburan Kemang. Berdiri di antara café dan resto, (ak.’sa.ra) menawarkan pilihan yang berbeda untuk masyarakat. Agar beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang merupakan tempat hang out, (ak.’sa.ra) Kemang tidak hanya menyediakan buku. Tersedia juga album musik, kado, produk interior, dan tempat bercengkerama yang terletak di bagian belakang bangunan.

Koleksi buku impor (ak.’sa.ra) Kemang terbilang cukup lengkap. Buku-buku tersebut terbagi dalam rak-rak yang memiliki kategori masing-masing. Bila kita kesulitan menemukan buku yang diperlukan, tak perlu ragu bertanya kepada staf (ak.’sa.ra.) Mereka dengan senang hati akan membantu, bahkan menyarankan buku lain dengan tema yang masih berkaitan jika ternyata buku yang kita cari tidak ada. Dari sekitar 40 ribu judul buku dalam koleksi (ak.’sa.ra) yang 80 persen merupakan buku impor.

Hal lainnya yang membuat Aksara berbeda adalah fungsinya yang lebih dari sekedar toko buku. Bagian dalam bangunan yang melompong dan minim sekat membuat (ak.’sa.ra) bisa digunakan untuk keperluan lain. (ak.’sa.ra) memang sering mengadakan acara. Cukup dengan menggeser rak, maka akan tercipta hall serba guna untuk mengadakan berbagai event. Selain launching buku, event rutin (ak.’sa.ra) adalah acara musik. Band yang tampil biasanya adalah band-band indie. Kenapa bukan band populer yang ditampilkan? Tentu saja agar sesuai dengan koleksi musik toko buku ini, yang rata-rata merupakan album non-major label.

Koleksi non-buku memiliki keunikan. Anda bisa membeli produk interior unik seperti kursi dengan desain dari produsen interior asal Belanda, Artifort. Tersedia juga pernak-pernak pernik untuk kado, dan bahkan gadget-gadget keren seperti kamera Lomo yang diproduksi oleh perusahaan optik penyedia perlengkapan tentara Rusia sejak zaman Perang Dunia ke-2. Karena hasil gambarnya yang nik, pengguna kamera Lomo memiliki komunitas sendiri.

Dulu, untuk memperoleh kamera jenis ini sangat sulit. Kamera hanya bisa diperoleh dari luar negeri. Kini, Anda tak perlu repot, karena (ak.’sa.ra) menyediakan bebeberapa jenis kamera Lomo. Biasanya, para Lomographer (sebutan untuk pengguna kamera Lomo) memiliki lebih dari satu jenis kamera Lomo. (bbl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: