Global Doctor, Pelayanan Medis Internasional

August 20, 2008

Globl Doctor, sebuah pusat kesehatan berstandar internasional yang tidak hanya melayani kebutuhan medis pasien. Jaringan lembaga Global Doctor Asia ini terus mendampingi pasien bila diperlukan, bahkan bila mengalami kesulitan bahasa.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan pentingnya fungsi dokter keluarga untuk mencapai pemerataan pelayanan kesehatan. Departemen Kesehatan juga memperkenalkan program dokter keluarga kepada masyarakat Indonesia. Tugas seorang dokter keluarga adalah memonitor kesehatan pasien dan seluruh keluarganya. Jadi kalau pasien mengalami keluhan penyakit tertentu, yang dihubungi pertama kali adalah dokter keluarga.

Kebiasaan dalam masyarakat kita jika merasa mengalami gangguan kesehatan akan langsung datang ke dokter spesialis. Idealnya, hubungi dokter umum atau dokter keluarga sebagai langkah awal. Setelah itu, jika dibutuhkan, dokter itu yang akan merujuk untuk melakukan tahapan perawatan selanjutnya.

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2001, klinik Global Doctor menawarkan konsep dokter keluarga sebagai bagian utama pelayanan kesehatannya. Meski pun sebagian besar pasien dari kalangan ekspatriat, klinik yang berlokasi di Jl Kemang Raya ini tetap mencoba mensosialisasikan peran dokter keluarga kepada masyarakat Indonesia. Sejauh ini tanggapan dari masyarakat cukup positif, sehingga pada akhir tahun 2007 lalu Global Doctor, yang merupakan bagian dari jaringan lembaga Global Doctor Asia, mengembangkan sayap dengan membuka cabang di kawasan bisnis Kuningan.

Kesan yang pertama kali didapat ketika memasuki klinik ini adalah suasana yang nyaman dan bersih. Ruang tunggu dengan sofa empuk serasa tidak di dalam sebuah klinik. Jika Anda membawa anak-anak, klinik ini juga menyediakan area bermain agar mereka tidak bosan menunggu. Dari lima dokter umum yang ada, Anda bisa memilih dokter mana yang cocok. Setelah registrasi, tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan. Meski begitu, sangat disarankan Anda menelpon terlebih dahulu untuk mengatur jadwal pertemuan. Jika dokter yang Anda ingin temui kebetulan tidak ada di tempat, Global Doctor dengan senang hati akan menawarkan re-schedule atau menawarkan dokter pengganti.

Pelayanan kesehatan yang ditangani klinik yang awalnya buka di Jl Patimura ini antara lain adalah pediatrics, obstetrics/gynecology, orthopedics, dental clinic, dan physiotherapy. Selain layanan selama 24 jam, Global Doctor juga menyediakan layanan panggilan ke rumah atau hotel untuk Anda yang tidak sempat datang ke klinik. Jika ingin mendapatkan layanan lebih, Anda bisa mengajukan membership yang terdiri dari platinum, gold, dan silver dengan syarat mudah dan biaya yang relatif terjangkau.

Berikut wawancara PasarInfo.com dengan dr. Dyah Eko Judihartanti, medical coordinator didampingi Yudi dari bagian keuangan Global Doctor.

Global Doctor berdiri sejak kapan?

Berdiri di Indonesia sejak tahun 2001 di jalan Patimura. Pada bulan Agustus tahun 2007, kami memindahkan lokasi ke Kemang.

Apa saja yang menjadi bagian pelayanan Global Doctor?

Kami lebih fokus ke public practice dan concern ke arah dokter keluarga. Kebetulan, di sini lebih banyak dokter umumnya dibandingkan dokter spesialis. Tapi tidak menutup kemungkinan, kalau memang diperlukan, kita juga menyediakan dokter-dokter spesialis. Tapi awalnya, pasien harus bertemu dulu dengan dokter umum.

Kami stand by 24 jam dan juga menyediakan labolatorium. Ada sarana untuk radiologi, ultrasonografi, dan obsevasi. Jika ada kasus penyakit yang perlu dibawa ke rumah sakit, kita bisa pantau dari sini.

Saya tambahkan kenapa di sini dokter umumnya yang lebih ditekankan. Sebagian besar pasien Global Doctor merupakan orang asing yang kebiasaannya berbeda dengan orang Indonesia. Kalau orang asing, jika mereka sakit selalu ke dokter umum dulu. Setelah itu, dokter umum yang menentukan untuk perlu ke spesialis mana. Mudah-mudahan kita juga bisa mengubah mindset orang-orang Indonesia untuk menjadi seperti itu juga.

Ada berapa tenaga dokter di sini?

Ada lima orang dokter umum dan delapan spesialis untuk bidang-bidang yang ada.

Apa kelebihan Global Doctor?

Karena pasien kita lebih banyak orang asing, yang kita utamakan adalah bahasa. Komunikasi itu sangat penting. Apalagi yang sifatnya sangat principal. Bisa fatal akibatnya kalau kita tidak bisa mengerti apa yang dikeluhkan pasien. Semua yang bekerja di sini, terutama dokternya, harus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Global Doctor juga selalu mengacu kepada standar internasional. Jadi itu yang mungkin membedakan dengan klinik-klinik yang lainnya.

Standar internasional itu seperti apa?

Semua prosedur medis itu sudah ditetapkan, jadi apa yang diberlakukan di sini itu sama dengan yang berlaku secara internasional. Kami juga selalu update standar itu dengan browsing, seminar-seminar, hingga event nasional maupun internasional. Kami juga biasa melakukan table discussion dengan dokter-dokter untuk sharing informasi.

Ada fasilitas pelayanan lain?

Kami melayani house call atau hotel call. Kita juga bekerjasama dengan perusahaan untuk melakukan vaksinasi atau melakukan imunisasi, termasuk untuk orang dewasa yang memerlukan vaksinasi tertentu.

Tanggapan masyarakat lokal tentang Global Doctor?

Animonya cukup tinggi, terutama setelah kita pindah ke Kemang, karena mendekati residencial area. Respons dari lokal jadi meningkat. Daripada mereka pergi ke rumah sakit, mereka lebih prefer ke sini.

Selain itu, mereka tertarik untuk mencoba Global Doctor karena tempatnya bersih, dibuat senyaman mungkin, cepat dalam pelayanan sehingga tidak perlu menunggu sampai berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan.

Bisa memilih dokter sesuai dengan keinginan?

Kami memang sangat terbuka pada pasien untuk mereka menentukan dokter sesuai dengan keinginan mereka. Kita juga sudah display-kan informasi di depan, nama-nama dokter dengan schedule-nya. Mereka boleh meminta appointment dengan dokter siapa saja. Rata-rata pasien yang saya temui merasa sangat puas karena kami bisa menerangkan suatu penyakit dengan detail kepada mereka. Karena biasanya kalau kita ke suatu rumah sakit atau klinik, kadang-kadang mendapatkan dokter yang begitu sibuknya sehingga tidak bisa menjelaskan penyakit dengan rinci penyakit yang dialami oleh pasien.

Jika dokter yang diinginkan oleh pasien tidak ada, maka kita akan confirm kepada pasien. Apakah mereka ingin digantikan atau ingin reschedule, karena itu memang hak pasien. Jadi selalu dikembalikan kepada pasien tentang maunya mereka bagaimana. Dan mereka rata-rata bisa menerima kalau kita komunikasikan.

Ada sistem membership?

Sementara ini kita mempunyai beberapa jenis membership yaitu gold, platinum, dan silver. Namun untuk saat ini, kita sedang menunda membership platinum dan gold. Karena di dalam paket membership tersebut, ada paket evakuasi. Yang dimaksud dengan evakuasi adalah jika terjadi sesuatu kepada mereka di Indonesia dan mereka membutuhkan satu pelayanan yang lebih, kita bisa cover untuk perjalanan ke luar negeri.

Yang kami berlakukan hanya membership silver yang lebih umum seperti memberikan diskon untuk konsultasi dokter, obat-obatan, dan beberapa tes laboratorium. Cukup membayar sekali dalam setahun dengan nilai dan syarat yang cukup rendah, anggota bisa berkonsultasi setiap saat dengan dokternya secara gratis.

Syarat-syarat membership?

Siapa pun bisa menjadi member Global Doctor. Untuk usia di atas 60 tahun, berlaku classic membership. Ada perbedaan-perbedaan treatment untuk usia di atas 60 tahun.

Global Doctor bekerja sama dengan rumah sakit mana saja untuk pasien yang memerlukan rawat inap?

Ini juga merupakan salah satu kelebihan. Kami selalu merujuk pasien ke rumah sakit tertentu yang menurut kami cukup baik di Jakarta. Begitu juga untuk orang asing. Jika penyakit mereka tidak bisa di-handle lagi oleh klinik, kita akan sarankan untuk dirujuk ke salah satu rumah sakit. Sampai di rumah sakit pun, dokter dan perawat kita akan tetap memantau keadaan pasien. Kalau diperlukan, kita juga menyediakan jasa untuk menemani selama di rumah sakit. Orang asing yang dirawat di rumah sakit yang tidak berbahasa Inggris akan mengalami kesulitan, mereka biasanya menginginkan kita untuk menemani. (babiel)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: