Pasokan dan Distribusi, Penyebab Kelangkaan Minyak Tanah.

August 20, 2008

Kelangkaan minyak tanah yang terjadi beberapa saat lalu telah menimbulkan dampak yang amat merugikan mayarakat terutama masyarakat kelas bawah. Antrian pun kemudian terjadi disetiap tempat bahkan hingga dini hari. Kelangkaan ini tak hanya terjadi di Jakarta namun juga di beberapa daerah diseluruh Indonesia.

Dibandingkan dengan negara tetangga seperti Thailand, Malaysia dan sejumlah negara lainnya, Indonesia sudah jauh tertinggal karena masih tergantung pada minyak tanah. Apalagi dengan pemakaian minyak tanah hingga 10 juta kilo liter. Saat ini mereka sudah meninggalkan minyak tanah untuk keperluan hidupnya dengan beralih pada sumber lain seperti gas bumi.

“Sekitar 40% minyak tanah itu digunakan oleh mayarakat kecil, satu orangnya memakai sekitar 5,75 liter per bulan atau menghabiskan sekitar 79.000 kilo liter per bulannya. Lalu harga resmi yang ada di pangkalan itu adalah Rp 2.250. ungkap Haposan Siregar dari Hiswana Migas dalam diskusi terbuka di Hotel Nikko Jakarta, Selasa (12/12). Di wailayah Jakarta terdapat 210 agen minyak tanah dan sekitar 600 pangkalan.

Apa sebab terjadi kelangkaan minyak tanah? Penyebab utamanya adalah pasokan minyak tanah yang sengaja memang dikurangi dari 10 juta kilo liter menjadi 9,9 juta kilo liter. Meski pengurangannya sedikit ada faktor lain yang menambah persoalan yaitu masalah distribusi.

“BPH Migas pada tahun 2007 akan mengadakan sensus tentang pemakaian minyak tanah untuk siapa saja penggunanya dan untuk keperluan apa saja. Dan membuat sistem distribusi yang baik supaya sampai pada masyarakat kecil,” ungkap Erri Purnomohadi dari BPH Migas

Erri menambahkan bahwa saat ini BPH Migas sudah memberikan warning pada Pertamina dengan mengadakan inspeksi mendadak. Saat ini sudah ada beberapa agen/pangkalan yang ditindak dan ditutup. (ijul)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: