Pawon Solo

August 20, 2008

Jl Kemang Raya No 75B
Jakarta Selatan 12730
Telp: 021 – 71790450

Pawon dalam bahasa Jawa berarti dapur. Bisa ditebak kalau restoran Pawon Solo menyediakan menu hidangan khas Solo, Jawa Tengah. Penataan interior ruangannya bukan satu-satunya yang bergaya tradisional Jawa. Penyajian hidangannya juga menggunakan alat makan tradisional yang terbuat dari kayu dan tanah liat. Bagi Anda sekedar ingin mencicipi atau rindu dengan masakan kampung halaman, datang saja ke restoran yang berlokasi di tengah-tengah Jalan Kemang Raya ini. Pilihan menunya cukup banyak, mulai dari Nasi Liwet, Nasi Gudeg, Nasi Langgi, Nasi Kuning, Nasi Bogana, Lontong Cap Gomeh, dan masih banyak lagi.

Selain menu khas Jawa Tengah, Anda bisa mendapatkan makanan-makanan unik yang hanya bisa didapatkan di sini. Salah satunya adalah Salad Solo, yaitu paduan antara salad dan steak. Makanan yang merupakan akulturasi dari budaya Belanda dan Solo ini berisi sayuran yang dicampur dengan mayonaise dan daging yang dibumbui dengan bumbu sejenis rendang atau bumbu steak. Ada juga Risoles Pawon Solo yang berukuran besar yang berisi campuran ayam cincang yang dibalut dengan dadar telur. Anda bisa memakannya langsung atau ditemani dengan nasi.

Kalau ada yang ingin mengadakan perayaan seperti ulang tahun atau pernikahan, restoran yang buka sejak awal tahun 2001 ini menyediakan area luar ruangan yang berada di bagian belakang. Meskipun daya tampungnya tidak terlalu banyak, hanya sekitar 150 – 200 orang, tidak sedikit pelanggan yang mengadakan acara di sini. Karena letaknya yang terpisah dari ruangan makan utama, pelanggan bisa mengadakan acara pirbadi dengan lebih bebas tanpa kuatir mengganggu pelanggan yang lain.

Pawon Solo menggunakan bumbu-bumbu tradisional dan sama sekali tidak menggunakan penyedap rasa instan, sehingga selain rasanya enak, semua makanan aman untuk kesehatan Anda. Pawon Solo juga melayani pesanan katering untuk perayaan atau acara-acara adat yang sakral seperti penyediaan nasi kuning dan beraneka macam bubur.

Moto Pawon Solo: makanan itu hanya ‘enak’ dan ‘enak sekali.’ Makanan yang enak masih bisa diterima, namun makanan yang enak sekali pasti dicari-cari, dan makanan yang tersedia di Pawon Solo adalah makanan yang enak sekali. (bbl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: